FGD Bisnis Digital Politeknik Internasional Bali (PIB)
BOC Indonesia mendapatkan undangan dari Politeknik Internasional Bali untuk persiapan pembukaan program studi Bisnis Digital. BOC diwakili oleh CEO nya Hendra W Saputro yang juga dikenal sebagai praktisi digital marketing Indonesia.
Undangan tersebut untuk hadiri acara Focus Group Discussion Pembukaan Program Studi Bisnis Digital, Politeknik Internasional Bali melalui zoom meeting pada Kamis, 14 April 2022 pukul 10.00 – 12.00 WITA.
Pembukaan Prodi Bisnis Digital ini sesuai dengan Roadmap Digital Indonesia 2021 – 2024 yaitu:
01 Penyediaan Infrastruktur TIK
02 Penataan Pengelolaan Pos dan Informatika
03 Program Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi
04 Program Komunikasi Publik
Implementasi roadmap Digital Indonesia untuk
Real Estate dan Perkotaan Digital
Kesehatan Digital
Digitalisasi Perindustrian
Pendidikan Digital
Transformasi dan Pariwisata Digital
Digitalisasi Lembaga Pemerintahan
Perdagangan Digital
Jasa Keuangan Digital
Media dan Hiburan Digital
Pertanian dan Perikanan Digital
Saat ini pendidikan Bisnis Digital di Indonesia sudah diajarkan di 34 Universitas, 18 Institut, 8 Politeknik, dan 3 Sekolah Tinggi.
Untuk Bali sendiri, Program Studi Bisnis Digital sudah ada di
Universitas Bali Internasional
Politeknik Negeri Bali
Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Institut Desain dan Bisnis Bali
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
Politeknik Internasional Bali (PIB)
Nantinya PIB memberikan fokus capaian pembelajaran Bisnis Digital pada
- PENGEMBANGAN PLATFORM BISNIS DIGITAL
- MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS DIGITAL
- START UP BISNIS DIGITAL
Penjelasannya
PENGEMBANGAN PLATFORM BISNIS DIGITAL
- Mampu menggunakan teknologi perangkat lunak, perangkat keras dan arsitektur digital cyber security untuk mengamankan platform Bisnis Digital skala mikro dan skala kecil.
- Mampu menggunakan teknologi dan arsitektur digital untuk membangun platform Bisnis Digital skala mikro dan skala kecil sesuai dengan kriteria pembangunan platform yang disepakati oleh pengguna.
- Mampu menciptakan keunggulan kompetitif dalam pemasaran bisnis saat ini menggunakan sistem informasi, teknologi komunikasi dan media sosial yang tepat.
- Mampu menganalisis, merancang dan mengelola big data dan sistem yang digunakan oleh bisnis digital skala mikro dan skala kecil.
MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS DIGITAL
- Mampu merancang, mengoperasikan dan mengevaluasi manajemen pemasaran untuk bisnis digital skala mikro dan skala kecil berbasis pada perilaku konsumen dalam menggunakan e-commerce.
- Mampu memasarkan produk dan jasa serta mengkonversikan masyarakat umum menjadi pelanggan melalui pemanfaatan berbagai kanal sosial media.
- Mampu merancang, mengoperasikan dan mengevaluasi konten pemasaran digital menggunakan metode dan teknologi komunikasi yang sesuai dengan platform.
START UP BISNIS DIGITAL
- Mampu membaca peluang usaha mikro yang dapat dijalankan secara digital, menggunakan prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis digital.
- Mampu melakukan riset pasar dan perilaku konsumen pada peluang usaha mikro.
- Mampu menyusun dan mempresentasikan sebuah perencanaan bisnis digital (digital business plan) skala mikro.
Ada beberapa praktisi dari industri yang bersentuhan dengan dunia digital yang memberikan permasalahan output pembelajaran mahasiswa di dunia industri. Permasalahan itu agar menjadi evaluasi bagi kampus untuk mampu mempersiapkan mahasiswa yang siap di dunia industri.
BOC Indonesia sebagai perusahaan web hosting dan digital marketing sering menjadi institusi tempat kerja praktek mahasiswa IT di Bali dan seluruh Indonesia. Merasa perlu untuk sampaikan evaluasi pendidikan agar para mahasiswa dan lulusannya memahami peralatan industri digital.
Comments are closed.